#

5 Point Penting

Memilih Hosting

Move on itu butuh proses, aku tahu itu berat, Sob tapi yakinlah satu langkah kecil yang kau mulai ini, akan merubah segalanya.”

Kisah lalu
Sewa Hosting

Sejatinya, hidup itu adalah sebuah proses, dulu saat pertama kali saya mengenal yang namanya internet hal yang paling biasa saya kerjakan di internet adalah chatting dan download, kemudian ngabisin malam dengan medsos, sampai akhirnya saya pun melamar menjadi pejaga warnet demi dapat berinternet gratis. Internet sepuas hati yang tanpa bayar akhirnya menghasilkan rasa bosan juga, masa’ begini-begini aja, “apa ngga ada cara mendapatkan tambahan uang dari internet”, pikirku.

 

Pilah pilih dan mengumpulkan informasi dari segala penjuru jagat maya akhirnya ngeblog adalah jalur yang saya pilih, saya pun mulai coba daftar menjadi blogger dan situs blog gratis lainnya, rasa haus akan dunia internet, blogging dan koding membuat saya pindah kelain hati lagi, alasannya ingin tahu lebih dalam lagi dan lebih bebas ngoprek yang nama website  seperti bisa instal CMS sendiri, membuat template blog sendiri, dan meng-custom web tersebut sesuai keinginan saya yaitu dengan cara sewa hosting dan domain gratis. Itupun tak memuaskan saya, pasalnya saya harus memakai nama domain yang sudah disediakan oleh pemilik hosting, batasan ruang penyimpanan, server yang lambat, dan keamanan server yang sangat rentan terhadap virus dan malware.

 

Singkat cerita sebagai manusia autodidactus yang walau masih tahu sedikit tentang dunia domain dan hosting, saya beranikan diri untuk membuat usaha hosting dan domain murah yaitu dengan membeli akun reseller hosting murah IIX, yang harganya saat itu  sangat murah untuk saya di sebuah situs dengan nama alias hostingbukanjagoan.com, pelajaran yang saya dapat lumayan banyaklah, Sob mulai dari melayani customer sampai troubleshooting saya jabanin sendirian, namanya pemula pelanggan masih dua tapi senang udah bisa balik modal, namun cerita senangnya gak bertahan lama, you know why? genap 6 bulan perusahaan tersebut mulai menunjukkan inconsistent-nya, hosting mulai sering down, dihubungi lama dijawab, file hosting klien mulai terjangkit virus, dan yang paling apesnya perusahaan hosting tersebut hilang dari peredaran.

 

Rasa tidak bebas dalam mengekspresikan keinginan saya saat menggunakan blog gratisan, hosting gratisan dan limitasi yang banyak dari penyedia hosting, ditambah lagi uptime yang rendah alias server sering down, kecepatan server yang lambat karena harus berbagi dengan banyak pengguna dalam satu server, rasa tidak dihargai sebagai pelanggan, customer service lambat, tingkat keamanan hosting yang lemah, ketipu perusahaan abal-abal, dan tidak memberikan nilai tambah bagi pelanggan membuat saya berpikir, “it’s time to move on” Move On dari pemikiran lama dan kebiasaan lama ketempat baru yang lebih baik.

Pengalaman adalah guru terbaik, dari berbagai pengalaman saya diatas sedikitnya mampu menajamkan insting saya dalam berburu, hehehe  maksudnya memilih penyedia jasa sewa domain dan hosting yang benar-benar profesional dan paling jagoan dalam dunia per-hostingan .

Bagaimana saya?
Memilih Hosting

Harga domain dan hosting? fitur? pelayanan? Uptime? hosting SSD ? shared hosting, cloud Hosting, VPS hosting, reseller hosting, dll. Ada banyak pertimbangan yang harus diputuskan saat ingin memilih tempat hosting bukan? salah memilih bisa fatal akibatnya, So buat  Sobat Mulia yang penasaran bagai mana saya memilih hosting berikut ini adalah short cut-nya, dalam memilih tempat hosting murah dan terbaik versi saya.

1# Kenali Perusahaan Domain & Hosting.

2# Cek Customer Support, Email, Chat, FAQ

4# Value Added, Teknologi yang digunakan, Fitur ++

3# Cek Speed, Lokasi Server & Uptime

5# Cek Harga 🙂 & Garansi Uang Kembali.

5 Point Penting
Memilih Hosting

1. Kenali perusahaan penyedia domain dan hosting alias riset dulu walau hanya sebentar, apa saja yang perlu di cek ? misal nama perusahaan, sudah berapa lama melayani penjualan hosting dan domain ? semakin lama semakin baik , alamat sosial media, review pengguna hosting, penghargaan yang diperoleh, dll.

2.  Cek customer service-nya atau layanan supportnya, bagi seorang pemula point kedua ini adalah point wajib yang harus dicek, coba langsung chat dengan tim supportnya hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjawab chat, cek apakah ada FAQnya.

3.  Cek kecepatan loading website, simple-nya buka situs teman sobat yang memiliki blog, web di tempat hosting yang ingin kamu sewa, atau hubungi support untuk meminta test download kecepatan server dan lokasi, Cek uptime apakah sesuai dengan yang di katakan penyedia.

4.  Selain domain dan hosting apa lagi yang bisa kita peroleh secara gratis untuk mempermudah kita sukses di dunia online misal free SSL soalnya google mulai menjadikan SSL sebagai standar peringkat sebuah website , free website builder, free migration, media penyimpanan yang digunakan server hosting misal HDD storage ,SSD , NVMe storage. Teknologi cloud hosting atau shared hosting biasa, web acc.

5.  Cek Harga? apakah harga sesuai dengan layanan yang akan sobat peroleh. Apakah ada garansi uang kembali? jika pelanggan merasa atau mendapatkan layanan yang tidak sesuai dengan yang ditawarkan oleh penyedia layanan domain dan hosting.

5 Point Ceklist
Memilih Hosting

Cara penilaian : beri 1 bintang jika ada dan nilainya positive, jika yang diberikan penyedia layanan lebih dari yang ada atau lebih baik silahkan tambah 1 bintang lagi.

 

  1. Reputasi = Semakin positive, semakin lama, dan banyaknya penghargaan dari pihak ketiga, dan banyaknya jumlah pengguna layanan adalah ciri penyedia domain dan hosting yang terbaik.
  2. Pelayanan = Semakin cepat semakin baik, jika memiliki FAQ sebaiknya sebagai pelanggan membaca FAQ terlebih dahulu sebelum melakukan pertanyaan lewat chat atau email.
  3. Speed = Kecepatan server, download, loading, sangat berpengaruh dengan kecepatan internet dan lokasi pengguna, untuk point ini semakin cepat juga semakin baik. Untuk Uptime semakin mendekati 100% adalah lebih baik.
  4. Teknologi = Free SSL lebih baik dan bagus untuk SEO, jenis media penyimpanan menggunakan SSD dan NVMe kedua storage ini adalah media storage tercepat saat ini, dan teknologi cloud hosting adalah teknologi hosting terbaik saat ini.
  5. Garansi Uang Kembali = Ada lebih baik,