Untuk Sesama Blogger Pemula dan Tentang SEO

Oleh Ritongamulia pada tanggal Mei 10th, 2017 | Thoughts, Wordpress

Kamu Blogger? atau baru mulai atau coba menulis blog seperti saya? ingin cari duit/penghasilan lewat blog? IMHO ini adalah mimpi yang indah, menjadi seorang blogger berkelas pro, Pro? Duit? nanti dulu, pelajari dulu dasar-dasarnya. Iya, saya juga salah satu dari blogger pemula itu, rasa bingung yang berat adalah rasa yang saya alami kala kali pertama mengenal web/situs/blog/facebook dll,

semua rasa ingin tahu itu memaksa perutku untuk beriak yang memberi efek sedikit pusing dan mual. Ntah dari mana harus aku mulai, mana ekor? mana kepalanya? waktu bulan dan tahun berlalu tetap saja masih bingung? sabar coba runtut lagi satu persatu dan ulangi lagi dengan sabar dan fokus. Bagi saya ilmu dasar/pemahaman awal yang perlu diketahui  untuk menjadi seorang blogger ada 3 yaitu  :

  1. Belajar EYD walau sedikit (sayangnya sampai sekarang saya belum belajar ini)
  2. Belajar HTML dan CSS walau sedikit
  3. Belajar teknik SEO dasar (nah untuk ini saya lagi pelajari) 

Oke setelah belajar ilmu dasarnya kamu pilih platform blog yang ingin digunakan, mau berbayar mau gratis atau mau gabungin keduanya juga bisa. Setelah memilih platformnya blognya, sekarang saatnya belajar mengaplikasikan ketiga ilmu diatas. Berikut platform blog/ngeblog yang bisa kamu gunakan.

  1. Blogger = Domain sendiri ? pilih domain yang singkat mudah diingat contoh : Google atau susah dapatnya belilah nama domain yang keren menurut kamu
  2. Wordpress = Hosting sendiri? Domain sendiri ? pilih/beli domain yang singkat mudah diingat contoh : Google atau susah dapatnya belilah nama domain yang keren menurut kamu

➊ Note: Tahu sedikit EYD dan sedikit HTML dan CSS modal dasar buat konten yang rapi dan berkepribadian, huh!


Yang dasar-dasar aja dulu dipoles dan dipahami bener nanti keatas tinggal meroket, wush wush. Saya anggap sekarang udah bisa buat konten lah ya walau masih megap-megap buat nulis seperti yang saya rasakan saat ini tak payahlah lanjutkan gapapa jelek yang penting sombong berani tampil aja dulu.

blogger-pemula-ritongamulia

SEO suara-suara gaduh mulai terdengar ini harus begini itunya harus begitu jangan buat ini daftar ini lepas ini haduh nanti aja dulu ngga usah dipikirkan terlalu dalam , SEO itu berkembang selalu move on yang dasarnya aja dulu diperdalam dan semuanya ada di google webmaster, mari belajar nulis saja dulu sambil ikutin petuah dan standarisasi web/blog dari google webmaster.

Hal dasar apa saja yang bisa dilakukan sebelum mengaplikasikan ribuan tips dari webmaster? berikut yang menurut saya yang bisa dilakukan oleh blogger pemula seperti kita ini.

  1. Pilih Template Blog yang cepat loadingnya dan usahakan template yang memiliki sidebar tidak seperti tampilan tempate ini tanpa sidebar (kalau saya biasanya pilih template yang ringan dan ngga pake bunga-bunga atau gambar aneh ehemm)
  2. Cek apa benar cepat loading dan sesuai standar web sekarang ini, caranya?
  3. Simpan file (gambar, zip, css, dll) yang sering di load oleh template ke penyimpanan gratis yang servernya bagus dan cepat , jika kamu memakai hosting berbayar  dan murah.
Beugh! sudah sampai at the end, blogger pemula dan sedikit ilmu SEO dasar diatas sudah bisa jadi pijakan kita untuk mulai bertarung bergerilya sedikit mengendap-endap dan dollar dibalik batu sebagai bonus, atau dapat tawaran posting blog berbayar dll siap menungu sobat, tetap belajar dan tetaplah merasa bodoh karena langit ada sobat.

Kesimpulan / Conclusion

Blogger pemula, pro blogger apapun jenisnya saya rasa ngga jauh dari sini ilmu dasarnya sobat so selanjutnya adalah pengembangan, kekuatan uang, dan keberuntungan. Jika ada kata yang salah dan penyampaian yang tidak benar mohon dikoreksi. jika ingin menambahkan saya persilahkan untuk input didalam kolom komentar.


Tinggalkan Balasan