Cara Bijak Menangani Email yang Tidak diinginkan a.k.a Spam, Phising, dan Promosi

Oleh Ritongamulia pada tanggal April 30th, 2017 | Cara

Anda memiliki email spam 1150 Wiw! Atau sering digempur dengan email bernada “Ayo belanja sekarang diskon habis-habisan” pas di klik maaf promo ini sudah habis. Hah, sudahlah back to real life “gw ngga punya uang”. Tapi email promo ini sudah memiliki akun email saya selama berbulan-bulan tanpa di beri napas untuk membaca email dari

adik saya yang minta di perbaiki blognya dari broken link, oke aku cek emailnya dulu emailnya mana ya? sorot, geser kebawah turun lagi sedikit naik lagi, turun lagi, coba page 2 dst, duh!  ah sudahlah di search sajalah biar cepat dapet emailnya.

Okey, It’s Enough … Sumpah ini sudah berlebihan!!

Bukan kamu saja sobat, jutaan pemilik email juga banyak yang merasakan keresahan ini, ehemm termasuk saya,  niat hati awalnya memang serius buat ngedaftar akun berbagai  web app  atau toko online dll. Bukan untuk mendaftarkan email untuk jadi sarang email sampah promosi, ngga apa-apa kali namanya juga jualan, iya gak papa coba kalau email tersebut email yang sangat penting  "selamat Bapak/Ibu anda diterima ..., mohon kesediannya untuk replay email ini jika anda dapat hadir pada tanggal.. " . Nah untuk menghindari hal-hal yang diluar keinginan kita berikut cara bijaknya agar bisa mengurangi email sampah/spam dan sejenisnya.

Bijak-menggunakan-email

Cara Membagi Tingkat (kepentingan) Email

Saat ini email sudah sama seperti nomor telepon genggam anda, perlu dijaga dan di filter siapa saja yang boleh mengetahuinya dan siapa saja yang boleh menghubunginya. Apa yang perlu disiapkan, agar email kita terjaga dan selalu bersih dari spam?, cara paling mudah dan gratisnya adalah dengan menyiapkan 2 email gratis dari gmail (jika sudah memiliki email pribadi yang masih sehat, ngga perlu daftar 2 email, cukup daftar satu lagi), kedua email tersebut akan menjadi senjata ampuh anda menolak email spam/promosi sampah/email phising dll.

Kita akan membagi tugas kedua email tersebut menjadi email pribadi (email sangat penting) dan email sampah (email penting). Untuk nilai tingkat kepentingan email saya serahkan kepada sobat untuk menentukannya, misal email pribadi :  email dari akun bank, email dari keluarga, email pekerjan, email dari dosen, dll.  Dan yang terakhir adalah wadah untuk email sampah, email ini tidak perlu didaftarkan bisa didapat gratis di internet, yang bernama Temporary Email (untuk listnya silahkan ke halaman berikut) terkadang kita ingin coba-coba daftar atau ingin tahu, atau tidak ada pilihan lain selain harus memasukkan email untuk mendapat barang gratisan di internet, seperti ebook gratis, tools gratis/software yang meminta memasukkan email untuk mendapatkan linknya.

Siapkan pertanyaan berikut setiap kali ingin mendaftarkan email anda pada sebuah platform. Biasanya setiap kali kita mendaftarkan email ke sebuah platform berbayar atau gratis dan kepada sales motor sekalipun, kita juga harus menyiapkan mental akan sering dihubungi dan menerima email rasa rindu dari mereka. Berikut pertanyaan yang harus ditanyakan kepada diri setiap kali memberikan email untuk sign up, mendaftar, subscribe dll baik di internet ataupun on the road.

1. Apakah menguntungkan bagi saya memberikan data pribadi dan menerima email dari mereka?  jika menguntungkan? pake email pribadi (yang sering digunakan) ? atau pake email sampah ? apakah saya membutuhkan password dan usernamenya dikemudian hari ? jika membutuhkannya kemudian hari masukan ke email penting.

2. jika tidak menguntungkan, dan ada rasa khawatir? pake email sampah atau temporary email ? kalau ada rasa khawatir gunakan Temporary email.

Cara menggunakan Temporary Email

berikut adalah cara menggunakan temporary email, silahkan buka browser kesayangan sobat misal kita menggunakan firefox, pada form pencarian masukkan kata kunci "Temporary email" . Atau silahkan gunakan link berikut ini Klik , sudah di klik hasil yang akan anda peroleh mungkin akan seperti gambar dibawah ini, kemudian klik nada - temporary email sebagai contoh :

[caption id="attachment_157" align="aligncenter" width="1181"]Temporary Email Google_Search Temporary Email Google_Search[/caption]

Kemudian sobat akan dibawa halaman berikut : Klik get me an inbox,  lalu lihat tanda garis merah yang saya buat ( lihat gambar) alamat tersebut adalah alamat email sementara anda. Silahkan masukkan email tersebut ke dalam form pendaftaran yang meminta email anda.

[caption id="attachment_152" align="aligncenter" width="1188"]get temporary email get temporary email[/caption][caption id="attachment_153" align="aligncenter" width="1090"]email-tempray-fight-for-spam email-tempray-fight-for-spam[/caption]

Pada gambar diatas terlihat inbox anda masih kosong , jika ada email yang dikirim ke email di atas akan segera terlihat di dalam inbox, selanjut silahkan gunakan alamat email tersebut sesuka hati sobat.

Note : Apa yang anda proleh dari sesi ini :  Anda mampu membedakan tingkat kepentingan dan kredibilitas pihak yang meminta email anda. serta anda sudah dapat menggunakan Temporary email sebagai senjata untuk melawan spam. Oke, sobat sekian dulu cara bijak menangkal email spam, phising, email promosi, dll  semoga bermanfaat, dan terima kasih.

Kesimpulan / Conclusion

Email adalah identitas anda di dunia internet, pergunakan se-aman mungkin, filter dan jangan asal daftar/memberikannya ke orang lain/menggunakan email pribadi anda a.k.a email sangat penting. Gunakan kedua email yang sudah anda daftarkan diatas sesuai tingkatannya, jika tingkat kepentingan instansi/orang/akun/aplikasi web tidak termasuk dari keduanya tingkatan tersebut, silahkan gunakan email temporary sebagai email penerimanya. Cara diatas adalah langkah mudah untuk melawan spam, phising, dan kegiatan internet lainnya yang mungkin akan merugikan sobat, silahkan berbagi informasi ini dengan teman, keluarga, dan sahabat dekat kamu. Tulisan ini tak lepas dari sobekan dan tinta yang berceceran silahkan berikan tambahan dan masukkan untuk dimasukkan kedalam artikel ini, Terima kasih dan jangan lupa Lawan spam sekarang juga.

Tinggalkan Balasan