Menurut kamu apa merek oli motor matic terbaik ? apakah merek yang dealer biasa rekomendasikan saat service motor matic mu ?

 Ooo jangan cepat berasumsi dulu coba cek ,ditest ,dirasain ? suaranya gimana? tarikannya? bensinnya boros engga? kalau dibawa perjalanan jauh apa masih enak? kapan kamu ganti oli terakhir? sudah cek belum oli motornya? kental atau cair? biasanya kita memang tidak mau tahu, sering lupa untuk ngecek atau ganti oli motor. Tidak mau tahu, yang penting gas terus, pakai oli yg standar aja semua oli itu sama saja masih bisa jalan berarti masih aman! iya ngga ?

" Wajar saja kalau motornya sudah berasap? cepat panas, suaranya kasar, tarikannya berat " ehmm bentar lagi masuk bengkel, tuh!.

Kisahnya sekitar 2 tahun yang lalu motor matic yang kami beli dari teman mulai menunjukkan keganjilan usia motornya masih muda tahun 2015.

"Besok diservis aja dulu Yah" kasihan motornya ucap istriku. Masa sih harus diservis lagi? tapi iya sih kok motor ini jadi ngga kenceng lagi ya?, mirip lagu kang iwan fals " seperti malas tak beringas" , terkadang malu untuk mengingatnya, tarikan gasnya berat mau nyalip kendaraan jadi ngga berani hidup serasa in slow motion, deg deg-kan kuatir gasnya ngga sanggup ngelewatin.

Padahal baru minggu kemaren dibawa ke dealer buat servis rutin tetap saja hasilnya sama alias tidak ada perubahan, tapi "okelah besok saya servis lagi, tapi coba ke bengkel depan rumah aja dulu, biar lebih kekeluargaan", pikirku .

@Bengkel

Bang motor maticku kenapa ya? tarikan gasnya berat, "Olinya apa?, kapan diganti" ?tanya  si abang bengkel. "Oli standar bang bawaan pabrik, baru seminggu kemaren aku ganti" , "Coba pakai yang ini Mul, Federal Matic 30  ", bukannya ganti-ganti oli itu beresiko bang? tanya ku. Coba aja dulu oli federal yang ini beda lebih pas takarannya, 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel kalau ngga jadi enak tarikannya, aku kasih servis gratis kau nanti. Oke bang, berapa semua?, "Rp 38.000 untuk Olinya + jasa isi Rp 5.000" "Bah, murah kali bang" jawab ku, "Ya sudah plus konsultasi semua jadi Rp 100.000," hehehe. Ah abang suka becanda deh, tetangga bang cincai lah.

Oli Motor, Seberapa Pentingkah?

Kenapa harus perhatian sama yang namanya oli/pelumas/lubricant pada motor matic kamu? ada yang tahu, kenapa oli itu sangat penting? berikut yang harus kamu ketahui tentang 6 manfaat oli pada mesin motor.

pelumas oli

Sebagai Pelumas/Lubricant

Melicinkan permukaan mesin yang sering bergesekan dan meminimalkan gesekan keras yang menyebabkan cepatnya keausan permukaan mesin.

005-freezer

Sebagai Cairan Pendingin

Oli berfungsi untuk mengalirkan dan menyerap panas dari proses gesekan antar permukaan mesin/bagian-bagian mesin.

003-buffer

Sebagai Peredam

Dengan adanya oli efek benturan pada mesin kendaraan dapat diminimalkan dengan menyerap getaran dan menyebarkannya tekanan.

001-post-office

Sebagai Perapat

Oli yang mengalir didalam mesin mampu menutup celah-celah mesin dari kebocoran antar ruang di dalam mesin dan menjaga kekedapan udara didalam mesin.

004-brush

Sebagai Pembersih

membersihkan dinding mesin dari abu, kotoran sisa pembakaran, atau partikel halus lainnya yang dapat mengganggu kinerja kendaraan.

002-droplet

Sebagai Anti Karat/Korosi

Menghindarkan bagian mesin kontak langsung dengan udara dan air, sehingga mesin selalu dalam keadaan yang baik dan tidak karatan.

Pentingkah oli itu? jawabannya sangat penting, kenapa harus peduli ? karena oli menjaga mesin agar selalu awet alias tahan lama, enak dipakai, dan irit pengeluaran untuk perbaikan kendaraan. Nah pertanyaannya apakah semua oli itu sama ? jawabannya Tidak sama. Kenapa tidak sama? sebab Oli Federal itu satu-satunya oli dengan revolusi dingin 2 kali, 2x lebih efektif , 2x lebih kencang dan 2x lebih bandel. Kalau sudah ada yang ngasih 2x lebih baik, apa perlu pakai merek yang lain lagi? ngga kan.

Apa yang terjadi ?
Jika memakai Oli abal-abal

Satu saja dari fungsi oli diatas tidak ada atau tidak maksimal atau tidak tepat, bersiap-siaplah sobat motor kesayanganmu akan mulai berlaku aneh, seperti tarikan gas berat, boros bahan bakar, mogok, cepat panas, dan akhirnya akan turun mesin. Sebelum terlanjur segeralah beralih ke oli yang berkualitas, beralih ke oli yang melindungi mesin dengan total dan memberi 2x lebih baik, berlogo SNI, dan bernama Federal oil. Mau tahu kenapa ?

{ Setelah Pemakaian Federal Matic 30 Selama 2 bulan }

Masih ingat cerita saya sebelumnya ? masih bertanya-tanya apa yang saya rasakan setelah memakai oli yang disarankan? setelah 2 bulan pemakaian rasanya ngga percaya pengaruh oli itu sampai begini, maklum saya juga salah satu pengguna / pemilik motor yang sebelumnya tidak terlalu mementingkan masalah oli. Tapi sekarang motor saya yang awalnya tarikannya berat, yang biasanya 2 hari sekali isi bensin oktan tinggi, sekarang jadi 3 hari kantong yang lama sering kempes sekarang mulai terisi berkat oli mesin matic federal.  Anter Zemput Istri alias AZIS semakin nyaman semakin bergairah ngga takut nyalip kendaraan lagi, tarikannya enteng, ngga takut mogok atau motor batuk-batuk dijalan, asal pakai oli FEDERAL MATIC 30 SAE 10W-30 API SL JASO MB yang berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial untuk motor matic kesayanganku plus perawatan sederhana yang bisa lakukan dirumah, motorku jadi 2x lebih enak dipakainya.

Mau tahu kenapa oli federal itu sangat cocok untuk motor matic kesayanganmu juga? pastinya jika dibandingkan dengan oli standar bawaan pabrik? berikut penjelasannya.

3 Keunggulan Oli Federal

MPM Lubricant - Sebagai pelopor oli motor terbaik  2x lebih efektif mengontrol panas  dengan formula Heat Protection, mampu memberikan perlindungan total terhadap mesin. Formula Heat Protection memiliki 3  keunggulan untuk melindungi mesin dibanding oli yang banyak beredar dipasaran yaitu formula Active Moly, Viscoelastic Molecules dan Double Act Cleaner. Ada yang tahu apa artinya ?

Formula yang memungkin mesin selalu dalam keadaan terlindungi, baik saat digunakan ataupun tidak, oli memiliki sifat lengket sehingga permukaan mesin akan selalu licin pada saat mesin dinyalakan formula spesial ini akan selalu aktif melindungi mesin dari gesekan antar komponen, keausan dan mejadikan suhu mesin 2x lebih  dingin.

Formula yang akan meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin 2x lebih responsif dan tahan lama.Oli dengan viskositas dan volume yang terjaga tidak mudah berubah, tahan tehadap perubahan panas yaitu pada saat temperatur tertinggi atau temperatur terendah, oli tetap mengalir dengan baik.

Formula 2x lebih Efektif membersihkan dan mencegah mesin dari kotoran sisa-sisa pembakaran, melindungi mesin dari korosi. Menjadikan mesin 2x lebih bandel selalu prima, joss, tanpa asap  walau terus dipakai siang dan malam, jarak dekat ataupun jauh.

Bangga Menggunakan Produk Buatan Bangsa Sendiri

MPM Lubricants merupakan anak perusahaan dari PT Mitra Pinasthika Mustika TBK (MPM). Bergerak di industri pelumas, sejak 6 Mei 1988. Bangga membeli dan menggunakan produk lokal, kalau bukan kita siapa lagi yang kan memajukan bangsa ini, siapa lagi yang akan menjadikan bangsa ini menjadi negara yang disegani oleh negara lain. Dukungan kita semua untuk membeli dan menggunakan produk lokal adalah kuncinya kemakmuran ekonomi bangsa, kalau bukan sekarang memulainya kapan lagi, yuk cintai produk negeri sendiri, dan mulailah sekarang!.

Keuntungan Pakai Oli Federal

Irit Biaya + Kantong Full

Harga produk yang terjangkau Produk yang berkualitas dengan Formula Heat Protection, motor awet, tarikan enteng dan oli tahan lebih lama.

Irit Bahan Bakar

Pakai oli yang berkualitas seperti oli Federal Matic 30 untuk motor kesayanganku, bisa jauh lebih lama, lebih irit, pemakaian bahan bakar. irit bahan bakar berarti ikut menyelamatkan bumi juga kan.

Mengurangi Polusi Udara

Nah, yang satu ini lebih penting lagi ikut mengurangi polusi udara, ya kalo motornya pakai oli federal yakin deh ngga bakalan berasap. yang lain sih ngga jamin, mesin aja dijaga sama federal oil apalagi hatimu.

Produk Terbaik Bangsa

Dari kita untuk bangsa, saling dukung saling bantu, pakai produk pelumas bangsa  sendiri jauh lebih bangga, dan lebih berasa gasnya, yuk di coba sobat.

cara cek oli federal asli - palsu

Tips Membedakan Oli Federal Asli & Palsu

1. Cek laser print Federal Oil berwarna abu-abu .

2. Cek kode produksi yang tecetak di badan botol & tutupnya sama.

3. Bila menggunakan sinar UV, kamu akan melihat tulisan Federal Oil di label botol oli yang asli. Bila salah satu dari tiga hal ini tidak ada, maka sebaiknya minta ditukar ke penjual.

Sumber : Instagram Federal Oli

Tips Merawat Motor Matic Untuk Sobat

1. Panaskan motor setiap hari walaupun jarang atau tidak kamu gunakan, agar mesin tetap terlumasi

2. Stabilkan kecepatan gas agar pengeluaran bahan bakar terjaga dengan baik

3. Jangan sampai kehabisan bensin, karena kotoran-kotoran yang ada di dalam bensin tidak larut, sehingga bikin kerja karburator semakin berat

4. Rutin ganti oli dengan oli khusus motor matic yang sudah teruji dan terbukti mendapatkan sertifikat SNI

5. Servis berkala sangat dibutuhkan untuk mengecek secara keseluruhan jika ada bagian-bagian dari mesin yang kurang maksimal atau rusak

Sumber : Instagram Federal Oli

Kesimpulan

Oke sobat, setelah berbagi pengalaman tentang oli federal untuk motor matic  kesayangan ku, sobat sekarang sudah tahu oli motor terbaik itu namanya oli federal, variannya juga ada banyak sobat hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan motor kesayangan sobat, mulai dari motor rumahan sampai motor modifikasi, motor balap dan untuk oli mobil juga ada. Dengan formula Heat Protection 2x lebih baik dari oli standar dan oli yang beredar dipasaran, sobat akan rugi besar jika masih berkutat dengan oli yang tidak memberikan pelindungan total terhadap mesin kendaraan sobat. Untuk info lengkapnya silahkan kunjungi website federal oil dan media sosial mereka dan jangan lupa share artike ini ya sob,  oke sobat mulia, yuk mulai sekarang beralih ke federal oil pelumas kebanggan bangsa.

Federal Oil Spesial Blog Contest

Yuk kunjungi like dan follow media sosial Federal Oil Indonesia