Ramadan, Aku & Elevenia

Lebaran besok mau beli apa ya? hatiku gundah, pikiran itu tiba-tiba hadir biasanya aku ngga terlalu sibuk ngurusin masalah beginian tetapi tidak bulan Ramadan ini pikiran itu hadir dan meninggalkan rasa dihati.

Ramadan, Aku & Elevenia

Next Time You Think of Good Things, Don’t Forget To Count Yourself In

"Mah aku ke warkop dulu ya," si Brur sms nih minta ditemenin, sudah jam 10 malam pak, nanti bapak sahur susah dibanguninnya, bentar kok Mah, ya sudah kalau kegitu Bapak jangan lupa bawa kunci rumah ya Mama mau tidur duluan.

"Dah datang kau ?" kata Brur yang lima menit lalu sudah menungguku di warkop yang tidak jauh dari tempatku tinggal, menikmati kopi malam Ramadan memang nikmatnya beda, ucapnya. Kak, kopi satu lagi jangan terlalu manis ya, takut aku laku lagi nanti, iya jawab Kak Butet sambil menuju dapur warkop, kurang ceria dan kurang senyum kakak ni brur ngga seperti biasanya, tanya ku sama si Brur, ngga mudik katanya dia lek jadi agak sensi bawaannya, oh, iyalah orang-orang juga udah pada sibuk mudik ya, udah sibuk nunggu gaji 13, 14, tunjangan hari raya (THR), tapi kalo Kakak ni manalah dapat dia, bukan PNS, bukan karyawan kantoran, kita lah yang ngasih THR buat dia cemana Brur? "Mau poligami kau ya?" ucap Brur sambil membalik koran yang sedang dibacanya. Hehehe jawabku.

Memang sudah jadi kebiasaan hari Lebaran itu identik dengan beli yang baru-baru mulai dari baju baru, celana baru, sepatu baru, jam tangan baru, peci baru, mukena baru, sajadah baru, handphone baru, tv baru sampai beli rumah baru dan isinya.

Kau ngga mudik Brur? tanyaku, ah cemananya kau mau kemana aku mudik keluarga ku disini semua. tanya aja ngga boleh wak, serius kali !, tadi kutanya ngasih THR ke Kak Butet kau bilang aku mau poligami, tanya kau mudik ngga boleh, by the way baju lebaran mu udah berapa ? ada sepasang Lek, dengan nada datar si Brur berusaha menjawab pertanyaanku, walau sedikit kesal dia tetap berusaha untuk tenang, memang kenapa Lek? sambil melipat koran dan meletakkannya di atas meja, tepat disebelah kanan kopi yang masih panas itu, "baju buat anak-anakku juga sudah, dan emaknya juga sudah beli baju, jauh-jauh hari sudah dibeli duluan khawatir harga melonjak saat dekat lebaran".

Kau beli apa lebaran ini? tanya ku lagi, "Lek Lek kan aku udah bilang tadi sepasang, baju koko dan celana bahannya, sudah diurus sama mamanya anak-anak, sudah aku urus semua, aku kasih duitnya sama istriku, aku ngga perlu beli istriku yang belikan, tinggal menunggu lebarannya aja datang". Jangan tanya pertanyaan yang sama lagi ya, masih enak aku ngopi ini !.

Kenapa kau Lek, belum punya baju baru kau ya? hahaha.  Ah, iya Brur orang-orang sudah pada sibuk beli dan berbagi di bulan puasa ini, aku masih bingung mau beli apa? baju saat lebaran yang tahun lalu masih bagus, baju kokonya juga baru 2 kali di pakai, sayang rasanya kalo harus beli lagi, ngabisin duit aja ucapku.

"Bah, macam mananya teman aku nih,  udah mau lebaran tak pakai baju baru pulak kau", jawabnya. bentar bentar aku benerin dulu cara duduk ku biar agak enak kita ngobrolnya, .Oke cemana maksudmu brur ? ngga salahkan, ngga usah beli baju baru mending ngasih ke orang yang kurang mampu jauh lebih berpahala dan bermanfaat, apa salahnya? Brur.

Ngga ada salahnya justru itu bagus Lek, tapi biasa kita sering lupa Lek, bentar udah mau dingin kopi ku ini, memang ngga salah tapi kita sering lupa untuk berbagi dengan diri sendiri, kita sering lupa beli baju buat kita sendiri, kita sibuk mikirin orang tapi baju lebaran buat kita sendiri kita lupakan, aku tahu kau sering berbagi sama tetanggamu, saudaramu, temanmu bahkan aku iri pada kebaikan hati mu itu, tapi kau sering lupa buat mu, baju lebaran mu ngga ada? celana jeans yang kau pakai ini aja sudah hampir sobek dibagian lututnya, ini yang kau bilang masih bagus? janganlah berlebihan Lek, kau jauh lebih pantas dapat pakain baru lebaran ini, belilah buat mu walau hanya satu, kau punya hak untuk berbahagia di Lebaran ini, Sobat ku.

"Hati ku bergetar lagi, mendengar ucapannya itu, aku ter..., ah ntahlah perang badai hati awak dibuat orang ni, terus terang aku ngga bisa jawab apa-apa lagi"

Begini saja, tiba-tiba nada suaranya naik 1 oktaf, apa masih perlu kuajarin Kau ! aku lihat ada sedikit senyum yang tertahan muncul disudut bibirnya, lalu berkata "tiap hari kau berhubungan sama internet, beli paket data, tapi tak tahu tempat belanja yang bagus?" coba kau download dulu aplikasi elevenia biar kuajarin kau belanja barang yang bagus tapi kau bisa dapat dengan harga murah, apa lagi ini udah mau Lebaran banyak barang bagus, baru dan murah. Downloadnya di playstore kalau pakai android lalu search elevenia, kalau handphone mu iOS download di appstore klik instal, tunggu proses downloadnya sampai selesai.

Cara Belanja di Elevenia

Belanja di elevenia, itu mudah. Yuk Download aplikasinya, cukup klik mau Android atau iOS

Sudah Lek? sudah di instal, sudah jawabku, nah sekarang buka aplikasinya lalu daftar  biar mudah nanti belanjanya biar kau bisa dapat diskon produk, diskon ongkos kirim, diskon bulanan, dapat poin, dapat token yang bisa ditukarkan dengan produk di elevenia tak usah kau takut, ngga sampai barang yang kau beli aman belanja di sini (elevenia).

Caranya klik my elevenia, lalu pilih daftar pada bagian pojok kanan atas, silahkan isi data yang diminta oleh elevenia.

Sudah daftar? kalau sudah sekarang cari baju koko mu buat Lebaran ini, caranya klik gambar kaca pembesar yang ada di bagaian atas itu, ketik "baju koko" sudah muncul hasil pencariannya ?nah banyakkan ? mau model apa yang kau mau? model slim, model shanghai, model turki, atau sirwal ada semuanya. Banyak kali Lek pilihannya, pilihlah sesuai seleramu biar aku bantuin kau belinya, bantu ngajarin dan bagi pengalaman, kalo bayarnya pakai duitmu ya, hehehe.

cara-belanja-elevenia-download-voucher-diskon
cara belanja di elevenia melalui smartphone

Kau sering belanja disini Brur? tanyaku, ngga Lek istriku sih sering, kalau aku baru tiga kali belanja di elevenia, kadang aku bingung juga elevenia itu bisa ngasih diskon sampe jutaan, kemaren aku beli jam tangan yang tahan air cuma Rp.85700, setelah di diskon jadi Rp.60000 plus potong ongkos kirim Rp.20000, Kau beli ratusan ribu belum tentu bisa dibawa mandi dan berenangkan? nah karena jam tangan inilah aku bisa sarankan ke kau untuk belanja di elevenia, sudah aku buktikan aman dan betul-betul surganya belanja online dan aku yakin barang barang yang dijual di elevenia memang produk produk yang di jaga kualitasnya dan harganya yang menurut aku terjangkau sekali.

Ini buktinya Lek, tapi jangan kau bilang-bilang sama istriku ya, hehehe kemaren aku belanja jam tangan ini sama beli celana jeans diskonnya itu sampe Rp380 ribuan.

Baju koko, baju kokonya udah dapat yang cocok, belum? udah aku sudah dapat brur, warnanya adem cocok kali lah dibawa buat sholat Ied nanti aku beli 6 dulu, hahaha.

Baju koko, baju kokonya udah dapat yang cocok, belum? udah aku sudah dapat Brur, warnanya adem cocok kali lah dibawa buat sholat Ied nanti aku beli 6 dulu, hahaha. "1 buatku , 1 buatmu karna udah ngajarin aku belanja di elevenia, 1 buat Ayahku, 2 lagi buat adik-adikku, nah yang satu lagi buat guru ngaji ku , sudah lama aku ngga berbakti sama dia brur, Ramadan kali ini aku ingin berbagi sama guru ngajiku itu Brur, dah cocok nih,  ukurannya juga sudah cocok 2 ukuran XL warna abu tua, 2 ukuran ML warna biru dan 2 ukuran XL warna biru juga".

langsung dibungkus biar bisa cepat dibagikan sebelum lebaran, barangnya cepat sampaikan, Brur? pengalamanku Lek, ke Sumatera Utara itu 3-4 hari sudah sampai tapi semua tergantung jasa pengirimannya dekat-dekat lebaran pengiriman melonjak tinggi, kalau aku biasanya 3 hari, baiklah aku paham kalau begitu Brur sekarang cara bayarnya gimana Brur?

Cara bayarnya mudah Lek, tinggal kau selesaikan proses belanjanya dulu, klik keranjangnya cek barang pesan sudah sesuai apa belum, lalu klik lanjut, isi alamat tempat tinggalmu. Oh iya jangan lupa download vouchernya Lek biar bayaranmu nanti tambah murah, dapat diskon belanja, diskon pengiriman, pokoknya kalau belanja di elevenia kau ngga usah takut masalah biaya pengiriman misal kalau ke Sumatera Utara itu dan ke kota kita ini biasanya biaya pengiriman Rp40000 an nah kalau udah download voucher potongan untuk biaya kirim akan jauh lebih murah, biasanya akan dipotong sebesar Rp20000, sangat membantulah lek buat kita yang jauh tinggal dipelosok ini. Walau tinggal dipelosok kita harus tetap keren juga kan lek.

Berarti aku tinggal ke ATM aja Lek untuk pembayarannya? iya, udah gini aja aku bayar pakai mobile banking ku aja besok kau bayar cash ke aku ya? kata Brur. "Siap juragan", ucapku dengan lantang hahaha kau memang sobatku sepanjang masa Brur. Coba lihat SMSnya tadi berapa kode pembayarannya Lek? biar langsung aku bayar sekarang,  ini kode pembayarannya Brur 700140009488263. Oke, sudah lek sudah aku transfer pembayaran belanjaanmu, tinggal tunggu barangnya aja kau ya, besok bayar ke aku jangan lupa, ya Lek. "Siap komandan!".

Sahur.. sahur Bapak-Bapak Ibu-Ibu sahur sahur, bah! Lek udah masuk waktu sahur istriku belum masak aku duluan ya, kopiku tolong kau bayarin, biar aku bangunkan emaknya anak-anak dulu, kau juga jangan tak puasa kau besok dan bayar hutangmu ya. iya iya Brur besok aku bayar ya, eh hari ini oke. Mana si Brur? , Kak Butet mana si Brur tanya ku, udah pergi Bang kayaknya ada yang mau dikejarnya Bang. Iya tadi katanya memang mau bangunin istrinya masak buat sahur, tak kusangka secepat kilat dia menghilangnya, ya sudahlah nanti malam lah ya Kak aku bayar semuanya, tak bawa uang aku, tinggal tadi dompetku dirumah kasbon dululah Kak. "Aman itu, tenang aja bang" jawab Kak Butet yang sudah bersiap-siap menutup warung kopinya.

 

Meski tak terucap, di dalam hatiku berucap terima kasih Brur buat ilmunya dan elevenianya, aku jadi ikut Lebaran dan bisa berbagi dengan guru mengajiku tercinta, beliau adalah sosok manusia yang sangat kuhormati namun sering kulupa untuk betapa berharganya ilmu yang diajarkannya padaku, betapa mulianya pekerjaan tersebut.  Guru engkau laksana cahaya di kegelapan, salam sayang dan terima kasih ku untukmu . Baju koko, baju koko ini semoga menjadi bukti bakti , rasa sayang dan rindu untukmu, pakailah saat lebaran nanti, pakailah dan ingatlah aku, murid Mu yang sering lupa akan jasa Mu.

Malam yang dingin menghantarkanku kembali ke rumah dengan hati yang bahagia, esok saat hari lebaran tiba dan lebaran tahun depan lagi aku akan kembali dan kembali ke elevenia untuk berbagi dengan yang tercinta, dengan kamu , ya kamu, iya kamu, jangan lirik sana-sini, memang kamu, kok.

Selamat Lebaran Mohon Maaf Lahir & Bathin