Clear Type dalam bahasa saya berarti ketajaman tulisan, atau tingkatan seberapa jelas/nyaman mata kita membaca tulisan pada layar monitor komputer/laptop/LCD. Untuk yang sering oprak oprek web/blog hal ini salah satu syarat wajib untuk di ketahui dan dipahami, biasanya masalah ini bisa diatasi dengan mengatur ulang cleartype monitor, update browser Chrome atau koding/code ulang css stylesheet.

By the way Monitor yang saya gunakan LG 22 inch dan Philips 17 inch keduanya versi widescreen, monitor sudah saya stel ulang namun kualitas ketajaman font tidak berubah alias tidak berhasil.

Versi broswser Chrome yang saya gunakan adalah versi terbaru : Version 57.0.2987.133 saat tulisan ini dibuat. disable enable setingan Chrome pada halaman chrome://flags/ juga tidak berhasil.

Terakhir adalah jurus pamungkas Edit css, dan juga tidak merubah apapun, font tetap buram dan bermasalah

Permasalahan : Chrome Browser menampilkan kejelasan font : “Old Standard TT” yang tidak sesuai dengan yang saya inginkan, alias hasil font yang ditampilkan berbayang. Sedangkan pada browser lain menampilkan font dengan jelas.

Berikut Screenshotnya :

Hasil render Font berbayang pada browser Chrome :

Perbandingan Hasil render Font dengan Firefox : :

Solusi : Solusi yang saya buat adalah ganti jenis font ? terus terang saat ini belum ditemukan solusi yang pas untuk masalah ini. Alasan saya kenapa tidak menemukan solusi yang pas yaitu pada saat saya menggunakan browser chrome untuk merender font jenis ini hasilnya tetap sama namun jika menggunakan jenis font lain hasilnya jauh lebih bagus/tajam/clear. Dan pada Firefox hasilnya jauh lebih tajam, so permasalahannya bukan pada CSS, settingan Clear type komputer/layar namun Bug pada browser Chrome.