Review Usability

Website
TravelBlog.id

Sebab keberlanjutan sebuah website terletak pada tingkatan usability-nya

Banyak duit cuma disimpan ‘kan kasihan tuh duitnya, teriak-teriak minta tolong ditukarkan, kurang yakin  dan tak percaya menurut penelitian mbah surembah ternyata duit juga sering merasa bosan kalau hanya berada disatu tempat terus- menerus, hal ini juga memiliki efek negatif pada kondisi Sang duit yaitu seperti cepat kisut, mudah robek dan berbau kurang enak.  Hal ini disebabkan karena pada sejatinya Sang duit juga butuh dan ingin jalan-jalan ke laci/dompet/lemari/kantong yang baru, ketemu kawan baru, suasana baru, cuaca yang baru dan aroma yang baru. 

Eh, gue kali yang mau jalan-jalan hahaha, okelah Sob ngomongin soal liburan pasti banyak pertanyaannya ya kan? misal lokasi liburan yang cocok buat surfing? baru mau coba jalan-jalan keliling indonesia tapi gak tahu mau mulai dari mana dulu? apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama traveling? atau ada rute paling murah ngga? ada lokasi liburan yang unik? persiapan apa aja yang diperlukan? tempat kuliner yang enak dikota tujuan dimana? berapa harga penginapannya? transportasi apa yang harus digunakan? dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus dijawab namun sayangnya tak banyak sumber informasi traveling yang dapat dipercaya dan akurat. 

Nah, Kali ini saya ingin review sebuah website yang bernama TravelBlog.id. Situs apa itu? dari namanya sih jelas sudah bisa ditebak ya Sob, yaitu  website yang berisi tentang Tips dan Info traveling atau lebih tepatnya TravelBlog.id adalah sarana blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman.

Sekilas keseluruhan konten website ini cukup menjanjikan Sob, ada beberapa fitur yang cukup menarik hati saya dan ada beberapa hal yang menurut saya perlu ditingkatkan, sebagai yang bukan expert dalam dunia review website, agar lebih fair saya akan  menggunakan tool dan standar penilaian berdasarkan beberapa situs terkenal yang sudah lama berkecimpung didunia website, oke deal! dan cukup fair lah ya. Kemudian review ini akan saya fokuskan pada usability sebuah website, seberapa mudah untuk digunakan oleh user secara umum dan secara khusus oleh search engine. Mengapa hanya usability saja? sebab keberlanjutan sebuah website terletak pada tingkatan usability nya. Dan untuk masalah desain tidak akan terlalu saya bahas, dan jika ada saya akan bahas seadanya saja, 🙂 cheers!!.

REVIEW FITUR WEBSITE TRAVELBLOG.ID

Penilaian Fitur Website Secara Keseluruhan

Penilain fitur website TravelBlog.id akan saya bagi menjadi 4 Aspek yaitu 1. Aksesibiltas Web 2.Identitas 3. Navigasi & 4.Konten dan setiap aspek memiliki sub yang akan saya beri nilai, berdasarkan beberapa Tool penilaian website yang akan saya gunakan berikut ini yaitu :  1. Google Pagespeed 2. Google Mobile Friendly Test 3. ColorCombos  4. Chrome DevTool

AKSESIBILITAS

Kemudahan Akses sebuah website fungsionalitasnya bisa dioperasikan, secara harfiah, oleh siapa saja

  • Kecepatan Loading Website
  • Ukuran Font, Jenis, Spasi
  • Halaman 404
  • Warna Background & Kontras
  • Mobile Friendly / Responsiveness

Kecepatan Loading Website : Masuk dalam kategori lambat dapat dilihat dari score Google Pagespeed insight.

Ukuran Font, Jenis Spasi dll : Ukuran font utama artikel adal 15px dan jenis font adalah Roboto, Source sans pro dan Helvetica ukuran spasi yang digunakan adalah standar, sangat mudah untuk dibaca oleh siapapun, nyaman dimata dan tidak melelahkan.

Halaman 404: Salah satu cara mengurangi pengunjung yang tersesat akibat dari update perubahan halaman website, adalah dengan cara membuat halaman 404, halaman 404 ibarat Mercusuar di lautan.

Warna Background & Kontras : Pemihan warna backround putih dan warna font hitam buat saya adalah pemilihan terbaik, mengingat tidak semua orang menyukai warna yang terlalu menyala-nyala.

Mobile Friendly : Hasil Test yang dibuat memang cukup mengkhawatirkan dengan nilai 2, namun saya coba buka dengan smartphone saya tampilannya sangat baik, mungkin kendala sebenarnya dari hasil test ini saya kira adalah lokasi server yang berpengaruh pada kecepatan website, sejumlah image yang tidak dikompresi, dan penggunaan script/plugin yg belum tepat.

Speed
3/5
Font
5/5
404
5/5
Warna
5/5
Mobile
3/5

IDENtiTAS

Siapa? tentang apa? apakah website ini dapat dipercaya ? apa keuntungannya?

  • Penempatan Logo
  • Kesuaian Tagline - Tujuan perusahaan
  • Kesan Homepage
  • Halaman penting
  • Halaman Kontak

Penempatan Logo : Jelas dan terhubung dengan halaman Homepage, posisi logo dapat ditemukan pada bagian header & footer halaman website yang berarti sangat baik.
Kesuaian Tagline dengan Tujuan Perusahaan : Tagline Travel Blog Indonesia dan sudah sesuai dengan tujuan perusahaaan, namun sayang Tagline tersebut tidak terlalu di ekspos
Kesan Homepage : Sudah memenuhi impresi 5 detik yaitu dalam waktu 5 detik pengunjung dapat langsung memahami website adalah situs yang bersikan info tentang wisata/travel
Halaman Penting : Terdapat halaman penting seperti Tentang Kami, Terms of Service, Privacy Policy, Disclaimer  dan  mudah untuk diakses. Namun kesan keseluruhannya masih terasa standar alias datar ada baiknya ditambah gambar pendukung seperti foto perusahaan, tim, atau pemilik website.
Halaman Kontak : Tersedia halaman kontak namun sayang masih kurang rapi dan tidak memberikan fitur tambahan seperti lokasi kantor pada google map yang tentunya sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan pengguna. Dan layanan recaptcha yang bermasalah.

Logo
5/5
Tagline
5/5
Home
5/5
Halaman
3.5/5
Kontak
3.5/5

NAVIGASI

Kemudahan Akses sebuah website fungsionalitasnya bisa dioperasikan, secara harfiah, oleh siapa saja

  • Navigasi utama mudah diidentifikasi
  • Label navigasi jelas & ringkas
  • Jumlah tombol / tautan masuk akal
  • Tautan konsisten & mudah diidentifikasi
  • Pencarian situs mudah diakses

Navigasi Utama : Mudah diidentifikasi, miliki tampilan BigMenu yang jika disorot akan menunjukkan isi postingan yang berhubungan dengan kategori tertentu,nilai plusnya lagi pada menu sudah terdapat tombol multi bahasa dan sign in.
Label Navigasi : Sangat jelas dan ringkas, 
Jumlah Tombol atau Tautan : jumlah tombol dan tautan sangat masuk akal, tidak ditemukan tautan hidup yang mengarah ke home url yang tidak memiliki tujuan atau yang tidak pada tempatnya, namun tautan yang bermasalah saya temukan sekitar 1240 not found atau 404 link dimana hal ini sangat berdampak pada pengunjung, kualitas SEO dan search engine.
Tautan & Konsistensi : Tautan pada website TravelBlog.id memiliki warna #4db2ec dan cukup konsisten disetiap halaman.
Pencarian situs  : Posisi pencarian situs ada pada posisi kanan atas, menyatu dengan navigasi utama, cukup mudah untuk ditemukan dan mudah untuk digunakan. Selain itu nilai plus dari tombol search ini adalah adanya search prediction yang menampilkan postingan yang sesuai denga kata kunci yang kita cari. Manntappp!!

Navigasi
5/5
Label
5/5
Jumlah
5/5
Tautan
5/5
Search
5/5

KONTEN

"Content is The King"

  • Judul utama jelas & deskriptif
  • Konten penting di atas "lipatan"
  • Iklan & munculan tidak mengganggu
  • URL bermakna & ramah pengguna
  • Gaya & warna konsisten

Judul Utama (Heading) : Jelas dan deskriftif, penggunaan heading yang baik tidak hanya memudahkan pembaca namun juga baik untuk SEO,sayang penggunaan heading masih belum baik, dari hasil pengecekan saya menggunakan tools SEO masih terdapat kealpaan penggunaan H2 H5 dan H6.
Content above the Fold : Bagi saya TravelBlog.id berhasil memposisikan semua yang terpenting pada situs ini berada pada pandangan pertama tanpa perlu scroll kebawah. Berdasarkan test yang saya buat skor yang dimiliki sekitar 90%.
Iklan & Pop up : Tidak ada pop up dan iklan  yang menyusahkan pembaca, 100% saya suka.
Friendly URL : Url yang bersahabat, sehingga memudah user dan search engine untuk sharing dan mengakses langsung halaman .
Gaya & Warna : Gaya dan warna yang sangat konsisten disetiap halaman, pengunjung tidak merasa bingung apakah saya masih di website yang sama atau  tidak, buat saya pribadi masih kurang cerah dan tidak terasa fun pemilihan warnanya.

Judul
3/5
Fold
5/5
Iklan
5/5
Url
5/5
Gaya
4.5/5

ADDons

"Fitur tambahan Keamanan & kemudahan"

  • Fitur SSL & reCAPTCHA​
  • Fitur Multi Bahasa
  • Fitur Login & Sosial Media
  • Store TravelBlog.id
  • Fitur Komentar
  • Fitur Infographic

SSL & reCAPTCHA : Sebuah website yang memiliki SSL atau layer keamanan tentu menandakan bahwa pemilik situs sangat peduli terhadap keamanan dan informasi penggunanya, namun sayang nya keamanan itu harus sedikit tergores karena modul reCAPTCHA yang masih bermasalah atau tidak aktif.

Fitur Multi Bahasa : Sebagai salah satu sarana meningkat pengunjung adalah adanya dukungan multi bahasa, dan hasilnya setelah saya coba hasilnya fitur ini bekerja sangat baik, namun konten yang berbahasa inggris ini masih sangat sedikit.

Login & Sosial Media : Login dengan mudah, mendaftar dengan mudah tanpa masalah adalah kunci berhasilnya dari sebuah fitur login, dari test yang saya buat fitur ini bekerja dengan baik apalagi ada fitur login dengan facebook dan G+. Superrr sekali.

Store TravelBlog.id : Meningkatkan kepercayaan dan sebagai penyemangat para calon kontributor, untuk fitur ini saya beri apresiasi dengan bintang lima jika terkoneksi dengan baik kedalam data user, namun Cukup klik Redeem saya pikir dapat langsung ditukar tanpa harus masuk kedalam dashboard , mengisi form serta memilih jenis produk yang ingin ditukar dengan poin yang dimiliki kembali.

Fitur Komentar: Ngga ada loe ngga rame, begitulah salah satu kegunaan dari fitur komentar ibarat sayur kalo gak pake garam kurang nikmat. harapan saya tampilannya sedikit dimodifikasi agar tidak terkesan datar dan ngga penting. kalau bisa pengguna lebih dimudahkan saat ingin berkomentar misal dengan menggunakan kolom komentar yang terintegrasi dengan sosial media.

Fitur Infographic: Adanya fitur infographic pada travelblog.id bagi saya pribadi adalah sebuah bonus dari mengunjungi situs tersebut, tujuan dari infographic ini dibuat bagi saya sebagaiknya jangan dibuat hanya sebatas untuk menjadi wallpaper saja, hal ini disebabkan resolusi yang ditawarkan untuk didownload masih terkesan low resolution. jika ingin diperdalam Infographic ini juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang baik oleh sebab itu saya sarankan untuk memberikan pilihan download resolusi tinggi.

SSL..
4/5
Multi
5/5
Login
5/5
Store
3.8/5
Komentar
3.6/5
info
3.6/5

REVIEW FITUR USER TRAVELBLOG.ID

Apa itu fitur user? apa saja fiturnya?

TravelBlog.id adalah Rumah para traveller dan wisatawan berbagi pengalaman seputar wisata, tempat liburan, atau perjalanan dari satu tempat ke tempat lain yang diabadikan kedalam gambar, tulisan atau video. Yup! tempat berbagi bagi semua orang yang doyan jalan-jalan atau baru coba mau jalan-jalan dari pada kena sindrom kurang piknik mending jalan-jalan dong!.

Sebelumnya perlu diketahui user (pengguna) pada website pada umumnya terbagi 2 yaitu Pengguna Terdaftar & Pengguna Biasa. Dimana setiap user yang terdaftar pada sebuah website biasanya memiliki layanan yang lebih dibandingkan user biasa yang tidak terdaftar. 

Apa itu fitur user? Fitur user adalah layanan yang secara khusus di buat untuk menarik pengguna sebuah website. Pada website TravelBlog.id fitur user sebagai pengguna yang sudah terdaftar adalah fitur Content Creator (artikel, foto, video), & fitur Reward Poin. 

Review dari 2 fitur yang saya sebutkan diatas akan saya batasi pada 3 aspek yaitu Desain, Usabilitas dan User Experience, sama seperti sebelumnya standar penilaian akan saya ambil dari pihak ketiga yang sudah teruji kemampuannya, dan kali ini standar yang saya ambil yaitu dari Bapak Jacob Nielsen. Mudah2an cukup fair ya. Menurut Jacob Nielsen usabilitas itu meliputi 5 kriteria yaitu 1. Learnability, 2. Effeciency, 3. Memoriability 4. Error, dan 5. Satisfaction.

 

A. Fitur Content Creator.

Fitur Content Creator adalah alat atau sebuah layanan yang diberikan oleh TravelBlog.id yang digunakan pengguna terdaftar (kontributor) untuk membuat sebuah konten baik berupa artikel (tulisan, foto, video) atau penggabungan dari ketiganya. Fitur ini berguna sebagai sarana berbagi pengalaman bagi setiap pengguna terdaftar (kontributor) pada website TravelBlog.id, cara penggunaannya sebenarnya cukup mudah apalagi buat sobat yang sudah pernah bersetuhan dengan blog pasti langsung paham, tinggal siapkan kontennya saja ketik lalu upload foto pendukung, tunggu di review oleh tim Travelblog.id, lolos, terbit, dapat poin +50. Mudahkan!.

A. Desain : Untuk desain dari dashboard bagi saya masih sangat jauh dari baik, atau masih terlalu sederhana masih terkesan standar dan kurang bersemangat.

B. Usability

1. Learnability : Teks yang digunakan jelas bagi pembaca.Warna teks nyaman untuk dibaca. Menu yang ada mudah untuk difahami. Kalimat yang mudah untuk difahami.

2. Effeciency : Struktur menu sudah tersistematis. Menu dapat tampil dengan cepat saat diklik.

3. Memoriability : Nama halaman web mudah diingat, tidak memiliki widget Calender, event atau sejenis.

4. Error: Tidak terdapat error pada tiap link halaman. Terdapat pesan yang jelas bila terjadi error.

5. Satisfaction : Mampu membuat user dapat datang kembali. Menyajikan informasi yang dibutuhkan.Informasi yang disajikan terkini.

C. UX : Menurut saya fitur Content Creator sudah cukup berguna dan mewakili harapan dan tujuan pembuatan fitur ini, Namun sebagai user yang sering berhubungan dengan berbagai jenis dashboard rasanya fitur ini masih perlu dikembangkan lagi agar lebih nyaman dan lebih memudahkan user saat membuat konten yang baik. Setidaknya lingkuangan kerja (dashboard) mampu memicu daya imajinasi dan kreatif user.

 

Design
3/5
Usability
5/5
UX
3.5/5

B. Fitur Reward Poin.

Fitur Reward poin adalah alat atau sebuah layanan yang diberikan oleh TravelBlog.id untuk mengapresiasi kontributor TravelBlog.id dimana dengan jumlah poin tertentu setiap kontributor dapat menukar poin yang dimiliki dengan berbagai barang yang senilai dengan poin yang dimiliki. Misal: poin untuk menukar sebuah smartphone Xiaomi Redmi 6 Pro bernilai 2030 Poin.

A. Desain : Untuk desain dari dashboard bagi saya masih sangat jauh dari baik, atau masih terlalu sederhana masih terkesan standar dan kurang bersemangat.

B. Usability

1. Learnability : Teks yang digunakan jelas bagi pembaca.Warna teks nyaman untuk dibaca. Menu yang ada mudah untuk difahami. Kalimat yang mudah untuk difahami.

2. Effeciency : Struktur menu sudah tersistematis. Menu dapat tampil dengan cepat saat diklik.

3. Memoriability : Nama halaman web mudah diingat, tidak memiliki widget Calender, event atau sejenis.

4. Error: Tidak terdapat error pada tiap link halaman. Terdapat pesan yang jelas bila terjadi error.

5. Satisfaction : Mampu membuat user dapat datang kembali. Menyajikan informasi yang dibutuhkan.Informasi yang disajikan tidak terkini karena adanya store travelblog,id yang lebih update.

C. UX : Menurut saya perlu perbaikan yang menghubungkan woocommerce dengan sistem poin yang digunakan agar user tidak perlu berulang-ulang melakukan pengisian form, jika update terkini mengenai produk ada pada store baik sistem poin bisa langsung melalui store.

 

Design
3/5
Usability
4.3/5
UX
3.9/5

Berbagi itu memang menyenangkan hati apalagi diberi hadiah setiap kali berbagi pengalaman pasti tambah senang dan semangat, iya kan. Salah satu fitur yang saya senangi dari web blog ini adalah fitur Reward Poin, yaitu program loyalty berupa POIN yang diberikan kepada kontributor setiap kali postingan artikel/foto/video yang dibuat berhasil terbit, setelah melewati tahapan review oleh tim TravelBlog.id. Nilai poin yang didapatkan berbeda-beda dari setiap jenis postingan misal : Poin untuk artikel yang lulus review akan diberikan 50 poin, sedangkan untuk  video bernilai 40 poin, untuk lebih jelasnya Sobat bisa ke halaman tentang point dan kehalaman berikut mengenai ketentuan artikel yang diterima.

Penutup REVIEW

Manyatukan yang terberai agar lebih nyata

MANFAAT TRAVELBLOG.ID

Memberi lebih dengan satu Artikel

KELEBIHAN TRAVELBLOG.ID

Dibandingkan Website Sejenis

KRITIK & SARAN

Orang-orang yang melontarkan kritik bagi kita pada hakikatnya adalah pengawal jiwa kita, yang bekerja tanpa bayaran

  • Perlu ditambahkan "Testimoni" Misal : testimoni user yang sudah menjadi kontributor, dll
  • Ganti server atau upgrade layanan : kecepatan server adalah kunci utama keberhasilan di dunia website.
  • Perbaikan di wilayah desain website dan dashboard kearah yang lebih fun dan lebih petualang namun tetap mengedepankan sisi usability. 
  • Perbaikan reCaptcha atau plugin yang bermasalah.
  • Gunakan plugin atau script dengan bijak sehingga kecepatan website lebih baik lagi.
  • Kompresi image agar lebih mudah diloading.
  • Beri hadiah bulanan merchandise atau sejenis bagi kontributor yang memiliki artikel yang banyak dibaca.
  • Kerjasama dengan pihak ketiga yang banyak biar penulis lebih semangat.
  • Buat sistem bayar penulis sesuai dengan jumlah view artikel jangan hanya poin.
  • Maafkan saya jika belum bisa menjadi reviewer yang lebih baik.. hehehe